Akhir Maret, Bandara Rokot Siap Dukung Pariwisata dan Mitigasi di Mentawai

0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari Sindonews.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dukung pariwisata pembangunan konstruksi Bandara Rokot di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, selesai pada akhir Maret 2023 mendatang. Kemenhub memang menarget pembangunan bandara itu selesai tepat waktu.

Guna dukung pariwisata “Mudah-mudahan dapat selesai akhir Maret 2023, pembangunan harus rampung sesuai target yang di tentukan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni usai melakukan kunjungan kerja ke Bandara Rokot di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dalam keterangan tertulis di kutip Jumat (3/3/2023).

Harapan Dirut Perhubungan Udara

Kristi berharap, setelah di lakukan verifikasi, flight calibration, publikasi AIC, dan persyaratan teknis lainnya, Bandara Rokot baru bisa melayani penerbangan dengan pesawat ATR 72.

“Bandara Rokot yang baru ini memiliki runway 1.500 x 30 meter, sehingga nantinya akan mampu di darati pesawat ATR 72 dengan kapasitas penumpang sekitar 70 orang,” ucapnya.

Nilai Tukar Petani Februari 2023 Cetak Rekor, Tertinggi dalam 3 Tahun Terakhir

Kristi menyatakan sebuah terminal seluas 1.610m2 dengan fasilitas pendukung seperti gedung kantor, gedung PKP-PK, terminal kargo, gedung operasional (power house dan rumah pompa), serta halaman parkir dan jalan lingkungan di sisi darat.

Dia menyatakan pembangunan bandara baru ini akan menggantikan bandara Rokot Sipora, dengan panjang landas pacu atau runway 850 meter. Bandara itu hanya dapat di darati pesawat jenis propeler Grand Caravan.

“Katanya, Susi Air mengoperasikan penerbangan perintis menggunakan pesawat Grand Caravan yang melayani rute Bandara Minangkabau-Rokot PP dua kali seminggu.”

Menurut Kristi, pembangunan bandara ini upaya meningkatkan konektivitas antar wilayah di sekitar Kepulauan Mentawai, sehingga di harapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di kepulauan yang terkenal dengan ombak yang di buru para penggemar olahraga surfing di dunia ini.

“Selain itu bandara ini juga merupakan bandara mitigasi bencana, Seringnya terjadi bencana alam seperti gempa di Kepulauan Mentawai. Harapan pengembangan bandara di darati pesawat yang lebih besar guna mitigasi bencana,” jelasnya.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi