Airlangga: Ekonomi Digital Pacu Pertumbuhan Ekonomi Domestik

Airlangga: Ekonomi Digital Pacu Pertumbuhan Ekonomi Domestik
1
0

Bagikan Postingan:

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk keluar dari jebakan kelas menengah atau middle income trap maka di perlukan pertumbuhan ekonomi nasional di atas 6% Solusinya, kata Airlangga, pengembangan ekonomi digital sangat di perlukan untuk mencapai target tersebut.

“Digitalisasi menjadi salah satu backbone bukan hanya buffer tetapi akselerator pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi untuk mencapai target itu, tidak bisa kurang dari 6%,” ucap Airlangga dalam opening ceremony Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia, Senin (8/5/2023).

Menurut Airlangga, pemerintah mendorong dan memperluas jaringan infrastruktur. Pemerintah mulai menerapkan 5G dengan mendorong penggunaan satelit orbit rendah atau low earth orbit satellite.

Penerbangan Langsung Jakarta-Tashkent, Perkuat Hubungan Ekonomi Indonesia-Uzbekistan

“Sehingga investasi (bisa) lebih rendah, tetapi jaringan konektivitas tidak putus. Sehingga ke depan konektivitas apapun akan menghubungkan people to people,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Airlangga, pemerintah juga mendorong penggunaan mata uang melalui digitalisasi. Hal ini diharapkan akan memfasilitasi pembayaran secara people to people, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan dolar Amerika Serikat (AS).

“Jadi kita langsung (menggunakan mata uang lokal) tanpa broker karena buying dan selling selalu ada margin atau fee. Tentu gap digital talent (harus dikurangi) dan literasi harus didukung,” tegasnya.

Upaya pengembangan ekonomi digital ini, lanjut Airlangga, diharapkan bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia mengatakan pada kuartal kuartal I 2023 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,03% secara year on year (yoy). Sedangkan secara kuartal ke kuartal ( Q to Q) terjadi kontraksi sebesar 0,92%.

Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita di kuartal I 2023 adalah 5,03%, ini di atas konsensus yang 4,9%. Alhamdulillah ini adalah pertumbuhan di atas 5% selama enam kuartal berturut-turut,” pungkasnya

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya. Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi