8 Fitur Rahasia di WordPress untuk Meningkatkan Desain dan Fungsionalitas Situs Web Anda!

8 Fitur Rahasia di WordPress untuk Tingkatkan Fungsionalitas Situs Web Anda!
0
0

Bagikan Postingan:

WordPress, sebagai salah satu platform manajemen konten memperoleh reputasi yang kuat karena kegunaannya dan keberagaman fungsionalitasnya. Namun, banyak pengguna mungkin belum menyadari beberapa fitur rahasia yang dapat secara signifikan meningkatkan desain dan fungsionalitas situs web mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 8 fitur tersembunyi di WordPress yang dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web Anda.

1. Custom Fields untuk Konten yang Lebih Fleksibel

Custom Fields memungkinkan Anda menambahkan informasi tambahan ke dalam posting dan halaman WordPress. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat konten lebih dinamis dan fleksibel. Misalnya, Anda bisa menambahkan field tambahan untuk menyertakan testimoni pelanggan, rating produk, atau informasi khusus lainnya. Untuk mengaktifkan Custom Fields, aktifkan opsi “Custom Fields” di layar pengaturan posting atau halaman.

2. Menu Lokal dan Menu Kustom di Admin Bar

WordPress memiliki fitur menu lokal yang memungkinkan Anda mengakses halaman dan fitur terkait dengan halaman yang sedang Anda lihat. Di admin bar, klik pada nama situs Anda untuk melihat menu lokal yang memberi Anda akses cepat ke pengaturan dan halaman situs web Anda. Anda juga dapat menyesuaikan menu kustom di admin bar untuk menambahkan tautan ke halaman-halaman penting.

3. Shortcode untuk Konten Dinamis

Shortcode adalah tag khusus yang dapat Anda tempatkan di dalam posting atau halaman untuk menambahkan fungsi khusus atau konten dinamis. Misalnya, Anda dapat menggunakan shortcode untuk menyematkan formulir kontak, galeri gambar, atau video di halaman atau posting tanpa perlu menulis kode HTML atau PHP. Membuat shortcode sendiri atau menggunakan shortcode dari plugin dapat meningkatkan kemampuan kreatif Anda dalam menyajikan konten.

4. Widget Kustom untuk Kontrol Lebih Besar di Sisi

Widget di WordPress umumnya digunakan di area sisi (sidebar) atau area widget di tema. Namun, dengan fitur widget kustom, Anda dapat menambahkan widget ke bagian-bagian lain di situs web Anda. Ini memberi Anda kontrol lebih besar terhadap tata letak dan desain halaman Anda. Temukan fitur ini di bawah “Penyesuaian” > “Widget” di dasbor WordPress Anda.

5. Image Compression untuk Optimalisasi Kecepatan

Optimalisasi kecepatan situs web adalah kunci untuk pengalaman pengguna yang baik dan peringkat pencarian yang tinggi. WordPress menyediakan opsi kompresi gambar bawaan yang dapat membantu mengurangi ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitas visual. Dengan mengaktifkan fitur ini di “Pengaturan” > “Media,” Anda dapat secara otomatis mengompres gambar yang diunggah, meningkatkan waktu muat halaman situs.

5 Manfaat Nyata Pembuatan Situs Web WordPress untuk Bisnis Anda!

6. Revisions untuk Pemulihan Konten yang Hilang

Revisions adalah fitur bawaan di WordPress yang secara otomatis menyimpan versi terdahulu dari posting atau halaman Anda setiap kali Anda menyimpan perubahan. Jika Anda pernah kehilangan konten karena kesalahan atau kecelakaan, Anda dapat mengembalikan revisi terakhir yang disimpan. Gunakan tombol “Lihat” di layar pengaturan posting atau halaman untuk melihat dan mengembalikan revisi.

7. Embedding Platform Media Sosial untuk Interaksi yang Lebih Besar

WordPress mendukung embedding konten dari platform media sosial seperti Twitter, Instagram, dan YouTube. Dengan menempelkan URL dari posting media sosial ke dalam editor WordPress, kontennya akan secara otomatis disematkan. Ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas situs web Anda, tetapi juga membantu memperluas jangkauan konten Anda melalui berbagai platform.

8. User Roles untuk Manajemen Tim yang Efisien

Jika Anda bekerja dengan tim atau memiliki kontributor di situs web Anda, fitur User Roles dapat membantu mengelola hak akses dan tanggung jawab masing-masing anggota tim. Pilih role yang sesuai, seperti Administrator, Editor, atau Author, untuk memastikan setiap anggota tim memiliki akses yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka.

Dengan menggali lebih dalam ke dalam fitur-fitur ini, Anda dapat mengoptimalkan situs WordPress Anda untuk meningkatkan desain, fungsionalitas, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Jangan ragu untuk menjelajahi pengaturan dan opsi tambahan di dasbor WordPress Anda untuk menemukan fitur-fitur lain yang dapat memenuhi kebutuhan khusus situs web Anda. Semoga artikel ini membantu Anda menjadikan situs web WordPress Anda lebih efektif dan menarik!

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional. Paket

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi