7 FAKTA MENARIK HEBATNYA KTT G20 DI INDONESIA

7 FAKTA MENARIK HEBATNYA KTT G20 DI INDONESIA
0
0

Bagikan Postingan:

KTT G20 – G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa. G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Amerika Serikat, Uni Eropa, China, Jepang, Jerman, Inggris, India, Perancis, Italia, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Brazil, Autralia, Meksiko, Indonesia, Turki, Arab Saudi, Argentina, dan Afrika Selatan. Nah jadi semua udah tau kan, kalau Indonesia itu kekuatan ekonominya masuk TOP 20 di Dunia.

Tahun 2022 merupakan tahun yang special bagi Indonesia, pasalnya Indonesia secara resmi memegang presidensi Group of Twenty atau yang biasa kita sebut G20. Kesempatan bergengsi ini di mulai dari 1 desember 2021 hingga November 2022. Terpilihnya Indonesia memegang keketuaan G20 di tengah situasi pandemi, menunjukkan persepsi yang baik dari negara lain. Secara tidak langsung Indonesia di yakini mampu menghadapi krisis di masa-masa sulit.

Selain membanggakan, banyak fakta menarik dari hebatnya G20 di Indonesia yang perlu kamu ketahui :

1. Indonesia menjadi Presidensi G20 pertama kali

Indonesia secara resmi memegang presidensi G20 dengan serah terima yang di lakukan Presidensi Italia kepada Presiden Joko Widodo pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia. Ini merupakan pertama kalinya bagi Indonesia semenjak G20 di dirikan pada tahun 1999. Dengan menjadinya pemegang Presidensi G20, Indonesia berkesempatan mendorong upaya kolektif dunia untuk mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi global secara inklusif. Terlepas dari itu, penyelenggaraan G20 di Indonesia dipercaya akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi Indonesia.

G20 bisa menjadi momentum yang baik untuk memperkenalkan pariwisata dan produk-produk unggulan nusantara secara lebih luas. Pemerintah memproyeksikan terjadinya peningkatkan konsumsi domestik hingga Rp 1,7 triliun serta penambahan PDB nasional hingga Rp 7,4 triliun bila pertemuan-pertemuan dalam G20 di lakukan secara fisik atau langsung.

2. Arti Tema Recover Together, Recover Stronger

Sebagai pengemban tugas Presidensi G20, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Tema tersebut diusungkan sesuai dengan kondisi yang dialami oleh negara-negara di seluruh dunia saat ini. Semenjak pandemic Covid-19, kondisi semua negara hampir mengalami penurunan terutama dari segi ekonomi. Dengan tema ini, Indonesia berharap seluruh negara di dunia dapat saling tolong menolong dalam proses pemulihan ini.

3. Makna Logo G20 Indonesia

Pada logo G20 Indonesia, terdapat siluet gunungan dengan motif batik kawung. Siluet gunungan ini memiliki arti menuju babak baru atau pemulihan yang inklusif dengan semangat dan optimisme. Sedangkan motif batik kawung bermaksa semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi sesama. Untuk pemilihan warna merah dan putih melambangkan bendera negara Indonesia, sedangkan pemilihan warna biru pada font menunjukkan Indonesia sebagai negara maritim. Selain itu, terdapat bentuk tanaman rambat pada logo G20 yang melambangkan Presidensi Indonesia menjadi bridge builder dan part of solution dalam pemulihan global ini.

4. Bali sebagai lokasi KTT G20

Dalam pelaksaan KTT G20, pulau Bali menjadi lokasi utama. Tepatnya di Nusa Dua, lokasi ini di pilih karena memiliki infrastruktur yang memadai untuk para anggota G20 dan delegasi yang akan datang. Selain itu, Bali merupakan pusat wisata dan kebudayaan sehingga dapat menjadi poin tambah bagi Indonesia dalam unjuk budaya.

https://nusantarawanhebat.com/ktt-g20-di-bali-sukses-besar/

5. Hanya Presiden Jokowi yang memakai masker saat KTT G20

Pada saat KTT G20 di Roma, Italia. Media memotret momen dimana hanya Presiden Jokowi yang memakai masker sebagai prokes covid-19. Hal ini juga di lontarkan oleh salah satu akun twitter Bernama @panca66 yang mencuit bahwa “Hanya Presiden Jokowi yang taat prokes. Memakai masker di segala kondisi. Bangga.”

6. Diperkirakan Indonesia akan naik urutan 8 di G20

Di lihat dari kondisi perekonomian, Indonesia saat ini berada di urutan ke 16 dari 20 negara anggota G20. Ekonomi Indonesia menurut besaran Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai US$ 1,06 triliun pada tahun 2020. Posisi Indonesia dibawah Meksiko yang berada di urutan ke 15 dan diatas turki yang berada di posisi ke 17. Dengan terus bertumbuhnya kemajuan ekonomi Indonesia, tidak di pungkiri Indonesia dapat di perkirakan naik ke posisi urutan ke 8 karena kondisi perekonomian yang meningkat hampir 2x lipat.

7. Setelah KTT G20, Indonesia akan menjadi Ketua KTT ASEAN 2023

Tahun ini, Indonesia memegang penuh Presidensi G20 selama 1 tahun. Namun, ada hal membanggakan lainnya yaitu pada tahun 2023 mendatang, Indonesia kembali akan memegang posisi penting dalam forum internasional sebagai ketua ASEAN setelah sebelumnya Indonesia pernah menjadi ketua pada tahun 1967, 2003, dan 2011. Momentum ini di persiapkan secara maksimal dengan upaya penguatan koordinasi di dalam negeri, baik dari segi teknis, substansi dan sumber daya manusia.

Nah itu dia 7 fakta menarik hebatnya G20 di Indonesia. Kini Indonesia tidak bisa di pandang lemah, Indonesia kini telah menjadi negara kuat yang terus berkembang dan mampu berdiri di samping negara bergengsi lainnya. Recover Together, Recover Stronger. Semoga sukses Indonesia.

Jangan lupa untuk like dan subscribe Nusantarawan Hebat, dan dapatkan informasi menarik lainnya.
Sampai jumpa di video selanjutnya. .

contact us:
Email: [email protected]
Instagram : Nusantarawanhebat
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h
Whatsapp: +62 878-8188-110

Tags

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi