600 Personel PLN Jaga Pasokan Listrik untuk KTT ASEAN di Labuan Bajo

600 Personel PLN Jaga Pasokan Listrik untuk KTT ASEAN di Labuan Bajo
0
0

Bagikan Postingan:

PT PLN (Persero) menyatakan siap mendukung kesuksesan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei mendatang.
Hal itu di tegaskan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo pada apel siaga kelistrikan bersama Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, di Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Flores, Rangko, Nusa Tenggara Timur, Minggu (7/5).

KTT Asean

“Gelaran KTT ASEAN di Labuan Bajo akan dipasok oleh sistem Flores dengan daya mampu 105,38 megawatt (MW) dan prediksi beban puncak saat berlangsungnya acara sebesar 89,93 MW, sehingga cadangan daya sangat mencukupi,” kata Darmawan.
Secara rinci, PLN akan menerjunkan 600 petugas lapangan, serta menyiagakan 70 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 35 unit gardu bergerak, 31 unit genset, dan 93 unit kendaraan operasional untuk memastikan keandalan pasokan selama KTT berlangsung.

PLN

Selain itu, PLN juga mempersiapkan infrastruktur pendukung, termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang menopang kebutuhan 282 unit kendaraan listrik delegasi dan pengamanan, serta 89 unit kendaraan operasional.

“PLN memastikan ketersediaan SPKLU cukup untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik selama KTT ASEAN. Ada tujuh unit SPKLU Ultra Fast Charging di Kantor Bupati Manggarai Barat, 1 unit SPKLU Fast Charging di Kampung Ujung, dan 100 Home Charging yang tersebar di tujuh lokasi strategis,” papar Darmawan.

Adapun sistem kelistrikan di Labuan Bajo bakal di perkuat melalui penambahan cadangan daya hingga sistem interkoneksi. Menurut Darmawan, dengan status sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Labuan Bajo telah menjadi fokus PLN.

Erick Thohir Pede Labuan Bajo Jadi The Next Bali

 

Tak hanya berkualitas, persiapan infrastruktur kelistrikan di NTT kali ini juga dilakukan dengan lebih cepat.

“Tahun lalu, persiapan KTT G20 hampir satu tahun, PLN sukses mendukung gelaran internasional tersebut tanpa kedip. Kini, persiapan untuk KTT ASEAN lebih cepat, hanya dua bulan. Bukan karena mengejar target, tapi karena sistem ketenagalistrikan PLN sudah tertata makin baik,” ujar Darmawan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Viktor Laiskodat menyampaikan apresiasi atas langkah PLN mendukung KTT ASEAN. Dukungan PLN itu sekaligus menjadikan NTT lebih siap sebagai tuan rumah, di mana sebelumnya banyak kegiatan internasional yang di selenggarakan di Jakarta atau Bali.

Viktor menilai, KTT ASEAN merupakan momentum bagi NTT untuk bangkit secara ekonomi. Dia berharap, kolaborasi antara PLN dan Pemerintah Provinsi NTT dapat berlangsung secara berkelanjutan.

“Energi itu bukan komoditi, energi adalah infrastruktur. Bila ada energi dimanapun, pertumbuhan ekonomi akan ada di sana. Provinsi ini akan menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia 15 – 20 tahun mendatang. Karena kalau _renewable energy_ menjadi panduan untuk energi masa depan, maka NTT adalah salah satu lumbung EBT,” kata Viktor.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi