6 CMS Terbaik dan Terpopuler untuk Website Anda

0
0

Bagikan Postingan:

Berbagai macam pilihan CMS yang membuat bingung manakah yang terbaik, di sini kami nusantarawan hebat telah memilih 6 CMS terbaik untuk Anda. Meski terkesan banyak, semuanya memiliki tujuan yang sama.

Adanya internet dan maraknya platform digital untuk berjualan online memang sangat menguntungkan banyak pihak. Saat ini dengan berbisnis melalui internet juga lebih menghemat dan mengefisiensi waktu yang kamu miliki.

Berkat adanya internet, perkembangan teknologi memunculkan beragam peluang baru dalam membuka dan menjajaki bisnis online. E-commerce adalah salah satu dari sekian banyak peluang berbisnis online tersebut.

Berikut delapan CMS website terbaik yang bisa di peroleh secara gratis beserta kelemahan dan kelebihannya:

  1. WordPress

WordPress sangat populer dan kami yakin Anda sudah atau sering mendengar tentang CMS ini. Sistem manajemen konten ini menguasai sebagian besar pasar, dan sangat mudah untuk tahu alasannya.

Meskipun pada awalnya di tujukan untuk platform blogging, WordPress telah berkembang dan menawarkan banyak keunggulan. Platform ini mudah di gunakan, bahkan bisa di modifikasi sesuai keinginan Anda dengan menginstall plugin dan tema terlebih dulu.

Terkait manajemen konten, WordPress menawarkan kemudahan yang luar biasa. Anda tidak akan menemukan kesulitan tertentu saat membuat halaman dan postingan baru. Di samping itu, Anda juga memiliki akses ke powerful editor yang memungkinkan Anda untuk memformat konten. Bahkan platform ini juga menawarkan registrasi user, informasi update secara tertur, dan komunitas besar yang sangat membantu.

Keunggulan Utama:

  1. Menawarkan opsi publishing dan manajemen konten yang intuitif.
  2. Menawarkan editor yang powerful untuk memformat konten dengan mudah.
  3. Mudah di konfigurasikan, semuanya karena ribuan plugin dan tema yang tersedia.
  4. Memiliki komunitas yang besar dan solid.

Satu-satunya kelemahan WordPress adalah terkadang Anda harus mix and match berbagai plugin untuk akhirnya mendapatkan fungsionalitas yang di inginkan. Meskipun ada juga CMS yang memberikan pengalaman blogging lebih baik, tetap saja belum mampu mengalahkan WordPress dalam hal kustomisasi.

  1. Joomla!

Berbicara soal software CMS terbaik, maka Joomla! adalah salah satu platform yang paling banyak di gunakan setelah WordPress. Walaupun pengelolaannya tidak semudah WordPress, kenyataannya di beberapa aspek, Joomla lebih fleksibel.

Sebagai contoh, Joomla merupakan  opsi terbaik jika Anda ingin mengelola banyak ‘custom post type’. Artinya, Joomla adalah pilihan yang ideal apabila Anda hendak menjalankan website yang tidak sepenuhnya berfokus pada konten teks. Di samping itu, platform ini juga menawarkan berbagai opsi terkait pengelolaan atau manajemen user. Karena itulah, Joomla bisa menjadi CMS yang tepat bilamana Anda ingin mengonlinekan situs berbasis membership.

Joomla juga menawarkan bantuan multibahasa. Hal ini berarti Anda tidak harus menginstall plugin atau ekstensi untuk menambahkan opsi bahasa ke situs. Dengan Joomla, Anda bisa menggunakan berbagai template atau tema sekaligus untuk beragam tipe konten.

Keunggulan Utama:

  1. Menawarkan support yang optimal untuk custom post types.
  2. Menawakan opsi manajemen user tingkat lanjut.
  3. Menyertakan support multibahasa.
  4. Template yang unik bisa di gunakan di setiap tipe halaman.

Teorinya, Joomla merupakan kandidat CMS terkuat dan terbaik. Sayangnya, platform ini tidak mudah di kelola oleh pemula, seperti halnya WordPress. Anda membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus mempelajari beberapa pengetahuan teknis terlebih dulu jika ingin membuat website dengan CMS ini.

Joomla juga tidak memiliki ekstensi atau template yang banyak seperti yang di tawarkan oleh saingannya. Meski kedengarannya sepele, terbatasnya opsi fitur berpengaruh pada tampilan serta fungsi website yang Anda inginkan. Anda, mau tak mau, harus mengaktifkanya secara manual. Karena itulah, Joomla lebih baik di gunakan oleh para developer atau user yang sudah berpengalaman.

  1. Drupal

Drupal adalah salah satu CMS open source terbaik. Walaupun popularitasnya masih berada di belakangan WordPress dan Joomla, bukan berarti Drupal tidak layak untuk dimiliki.

Dalam praktiknya, Drupal memiliki keunggulan yang hampir sama dengan Joomla. Sebagai contoh, CMS ini menawarkan sistem yang sangat fleksibel untuk mengelola custom post type. Drupal juga memberikan kendali tingkat lanjut bagi Anda terhadap user dan permissionnya, bahkan mampu menangani situs multibahasa.

Terdapat beberapa area di mana Drupal lebih unggul daripada Joomla. Contohnya, sistem taksonomi Drupal lebih powerful jika di bandingkan dengan CMS kompetitoronya. Selain itu. Drupal juga dinilai sebagai platform yang lebih aman ketimbang WordPress dan Joomla.

Homepage

 

Keunggulan Utama:

  1. Menawarkan pembuatan custom post dan sistem manajemen yang fleksibel.
  2. Menawarkan manajemen user dan pengaturan permission tingkat lanjut.
  3. Mampu meng-handle situs multibahasa.
  4. Memiliki sistem taksonimi yang mendetail.
  5. Memiliki sistem keamanan terbaik untuk website Anda.

Website apa pun dapat di buat di platform CMS ‘tiga besar’, yakni WordPress, Joomla, dan Drupal. Hanya saja, Drupal di kenal akan skalabilitas dan keamanannya, menjadikannya opsi yang lebih baik jika Anda ingin membuat situs enterprise dan bisnis.

Sama seperti Joomla, Drupal juga memiliki learning curve yang cukup sulit. Maka dari itu, kami tidak menyarankan para pemula untuk menggunakan CMS ini, kecuali jika Anda memang sudah benar-benar paham tentang pengembangan web. Namun, jika Anda sedang mempelajari pengembangan web dan ingin menguji kemampuan yang di miliki. maka Drupal wajib masuk dalam list CMS website terbaik.

  1. Typo3

Selama ini kita hanya tahu WordPress, Joomla, atau Drupal sebagai platform CMS yang paling banyak di gunakan. Padahal di luar sana, masih ada CMS yang memang popularitasnya tidak semasif ‘the big three’. Ketenaran yang tak seberapa bukan menjadi tolak ukur bahwa CMS demikian tidak layak untuk dimiliki. CMS yang tidak begitu populer tersebut di akui lebih spesifik dan menyasar website-website tertentu.

Typo3, misalnya, adalah CMS dengan skalabilitas sebagai poin utamanya. Tak heran jika platform ini memang di dedikasikan untuk website pada level enterprise. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat intranet dengan memanfaatkan CMS, maka Typo3 adalah sistem manajemen konten yang paling tepat.

Apabila berbicara soal kemudahan, di satu sisi, Typo3 bukanlah CMS yang paling pertama ada dalam daftar. Berdasarkan pengalaman kami, CMS ini lebih cocok bagi user yang sudah memiliki keahlian dan kemampuan di bidang pengembangan web. Typo3 sama sekali bukan CMS yang tepat untuk webiste yang kecil dan sederhana.

Typo3 memiliki sekumpulan fitur keren, termasuk bantuan multibahasa. CMS ini pun memungkinan Anda untuk menjalankan berbagai situs hanya dari satu instalasi saja. Dengan begini, waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Keunggulan Utama:

  1. Pilihan terbaik untuk situs level enterprise.
  2. Mampu mengelola website multibahasa.
  3. Memudahkan Anda untuk mengelola berbagai situs hanya dari satu instalasi saja.
  4. Memungkinkan pembagian data dan tool di antara beberapa website Anda.

Jika Anda hendak mengelola beberapa situs yang berada dalam satu ‘atap’, maka Typo3 adalah CMS terbaik. Dengan platform ini, Anda bisa berbagi template, ekstensi, dan bahkan user di antara situs-situs yang di miliki. Keunggulan ini belum tentu di miliki oleh platform CMS lainnya.

  1. Serendipity

Berbeda dari Typo3, Serendipty justru termasuk ke dalam CMS yang mudah di gunakan untuk membuat website sederhana, seperti blog. Berdasarkan pengalaman kami, Serendipity adalah salah satu CMS teringan.

‘Ringan’ bukan berarti pilihan fitur yang sedikit. Justru CMS ini menawarkan performa terbaik bagi website karena memiliki pengaturan caching dinamis bawaan.

Berbicara soal fungsionalitas, Anda dapat memodifikasi platform dengan menggunakan tema dan plugin. Selain itu, Anda di persilakan mencari plugin yang spesifik untuk front atau back-end, yang mana pencarian tool semakin lebih mudah.

Keunggulan Utama:

  • Pilihan terbaik untuk website yang berorientasi terhadap performa.
  • Memiliki berbagai tema dan plugin yang siap membantu Anda mengelola website.

Secara keseluruhan, Serendipity merupakan alternatif CMS terbaik utnuk website sederhana. Bahkan Anda juga bisa membuat blog sederhana dengan tampilan yang menarik dan elegan. Sayangnya, kapasitas platform ini masih kurang sehingga bukanlah solusi utama jika Anda ingin mengonlinekan website yang lebih besar. Apabila Anda sedang mencari CMS dengan struktur yang tidak sesulit WordPress atau Joomla serta mudah di pelajari, maka Serendipity patut untuk di perhitungkan.

  1. Dotclear

Ingin mendapatkan segala kemudahan dan pengalaman terbaik saat membuat blog? Aktifkan dan jalankan Dotclear. Setelah melakukan uji coba terhadap beberapa CMS, kami menemukan bahwa hanya sedikit platform yang mudah di gunakan, termasuk Dotclear. Meskipun demikian, platform ini menawarkan berbagai opsi untuk mengedit konten yang hampir sama dengan apa yang di tawarkan oleh WordPress.

Di Dotclear, Anda akan menemukan sekumpulan opsi untuk mempublish postingan, manajemen, dan taksonomi. Platform ini memungkinkan Anda untuk menulis post dalam bentuk teks, HTML, dan bahkan Wiki syntax.

Anda juga bisa membuat RSS feed di Dotclear. Bahkan Anda pun di izinkan untuk menambahkan fungsionalitas baru ke situs dengan menginstall plugin dan tema terlebih dulu.

Keunggulan Utama:

  1. Sangat mudah di gunakan dan di-setup.
  2. Mendukung plain teks, HTML, dan Wiki syntax.
  3. Memudahkan Anda mebuat RSS feed di situs.

Dotclear dan Serendipity keduanya merupakan CMS terbaik jika Anda ingin membuat blog atau website sederhana. Selain itu, masing-masing CMS memiliki semua fitur yang di butuhkan agar website berhasil online dan menjaring banyak visitor. Nah bagaimanasobat nusantarawan hebat? Sudah tau kan CMS mana nih yang akan kalian gunakan? Seperti yang kita bisa lihat dari kekurangan dan kelebihan, semua nya tinggal bagaimana kebutuhan kalian. Apabila kalian sedang mencari jasa pembuatan websitem,kalian bisa lihat di sini www.nusantarawanhebat.com

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi