6 Cara Kerja Digital Marketing Dengan Mudah

6 Cara Kerja Digital Marketing Dengan Mudah
0
0

Bagikan Postingan:

Cara kerja digital marketing cukup bervariasi namun sebenarnya tujuan akhirnya adalah sama, yaitu aktifitas marketing yang bertujuan meningkatkan penjualan.

Namun banyak orang yang kurang begitu paham dan salah mengartikan sehingga tidak benar-benar mengerti bagaimana cara kerja digital marketing yang sebenarnya.

“Digital marketing adalah teknik atau alat yang digunakan untuk menjalankan pemasaran bisnis dan usaha, dan bukan sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang”

Nah, kali ini Nusantarawan Hebat akan mengajak anda membahas 6 cara kerja digital marketing dengan mudah.

1. Mengenali Jenis Bisnis Dan Usaha Anda

Harusnya hal ini sudah cukup mudah, sebagai pelaku dan pemilik usaha harus sudah paham jenis bisnisnya apa, misalnya jenis jasa atau produk, jenis kebutuhan sehari-hari (primer) kebutuhan sekunder, tersier, atau prestise.

Pemilihan jenis bisnis dapat disesuaikan dengan hobi atau pengalaman kerja sebelumnya. Karena dengan begitu, bisnis atau usaha yang anda bangun dapat didasari dengan niat yang besar dan tekad yang kuat.

Anda bisa juga mencoba bisnis yang belum ada atau pernah dikembangkan orang lain, namun anda harus riset terlebih dahulu sebelum anda benar-benar membangun bisnis tersebut.

2. Memahami Segment Market

Tidak semua orang akan membeli produk anda, ada orang-orang tertentu yang akan membeli produk yang kita jual. Setiap produk punya segmen market sendiri-sendiri

Sebagai contoh misalnya:

Menjual kamera, siapa marketnya? pria dan wanita yang suka fotografi, suka selfie, bikin video, atau vlogger.

Menjual hijab, siapa marketnya? tentu saja wanita, berbagai usia, dengan tingkat daya beli berapa.

Dengan mengetahui target market selanjutnya kita bisa lebih tepat memilih media digital marketing yang paling tepat digunakan.

Selain itu, segment market yang tepat dapat membuat bisnis anda lebih cepat berkembang karena target yang tepat. Anda juga tidak membuang waktu sia-sia untuk promosi lebih liar lagi karena anda sudah punya segment market itu sendiri.

3. Memilih Media Digital Marketing

Kita akan coba langsung masuk ke contoh sebagai gambarannya :

Misalnya ingin menjual kamera tentu saja kita akan menggunakan instagram, youtube, website dan marketplace sebagai media jualan kita.

Karena Instagram dan Youtube memang segmen yang paling cocok dengan kamera. Kemudian website dan marketplace adalah toko online untuk transaksi jual beli agar memberikan kemudahan dan keamanan transaksi.

Contoh lain misalkan kita memiliki bisnis servis atau modifikasi mobil, kita akan memilih menggunakan Lokal SEO dan Website.

Karena tentu yang akan datang ke bengkel adalah orang-orang yang jaraknya terjangkau, mereka akan mencari informasi tempat servise terdekat di Google ketika punya problem soal mobil.

4. Membuat Funneling Dari Traffic Hingga Sales

Urutan funneling dari menggunakan digital marketing adalah:

a. Mengumpulkan visitor (traffic market customer) dari media digital
b. bagaimana cara membuat visitor tertarik
c. visitor menghubungi contact
d. terjadi sales penjualan (goal)

Peran customer service sangat penting untuk bisa terjadi sales order atau penjualan, peran digital marketing berhenti sampai pada customer menghubungi cs.

5. Membuat Ikatan Rantai Digital

Setelah bisa menentukan media digital marketing yang tepat, maka ada baiknya juga mengikatkan satu media dengan media digital yang lainnya yang saling berhubungan.

Hal ini agar memberikan kemudahan kepada konsumen. Karena biasanya media digital akan saling melengkapi satu sama lain dan bisa mendatangkan traffic, tetapi jangan salah langkah, pilih terlebih dulu media yang paling tepat.

Contohnya seperti pembuatan video promosi di youtube, kita dapat menautkan sosial media kita lainnya seperti instagram, facebook, twitter, tiktok, dll di deskripsi. Mengajak penonton untuk follow akun sosial media kita agar jangkauan pemasaran kita lebih luas lagi.

Anda bisa gunakan jasa promosi atau jasa digital marketing untuk mempromosikan produk/jasa anda melalui video. Seperti yang disediakan Nusantarawan Hebat dalam menjadi perusahaan start-up hadir membantu UMKM dalam mempromosikan produknya.

Jasa Pembuatan Video Promosi (klik untuk selengkapnya) Jasa Pembuatan Video Promosi

 

6. Mengelola Iklan Digital

Iklan menggunakan anggaran adalah langkah terakhir ketika kita sudah benar-benar maksimal dengan kelima langkah diatas. Fakta 90% pengiklan gagal karena tidak menerapkan step by step cara kerja digital marketing yang benar.

Kita bisa menggunakan iklan seperti Google Ads, Fb Ads, Ig Ads, dan Endorse untuk promosi jualan. Kita usahakan jangan sampai buang-buang anggaran. Jika belum yakin sudah melakukan kelima hal diatas 100% anda pahami, baru anda bisa memulai untuk pasang iklan untuk bisnis anda.

Nah itu dia 6 cara kerja digital marketing dengan mudah yang bisa anda ikuti step by step nya. Anda juga dapat menonton penjelasan Tentang Digital Marketing di youtube kami untuk lebih memahami Digital Marketing.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional.

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat Group
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi