5 Desa Wisata Bakal Jadi Tumpuan Labuan Bajo Bangkitkan Pariwisata

0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 di 5 desa wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini menjadi ajang membangkitkan kembali peran desa dalam sektor kepariwisataan melalui peran aktif warga dan pelaku pariwisata.

Sosialisasi Sadar Wisata merupakan bagian dari Kampanye Sadar Wisata 5.0, yang menjadi program unggulan Kemenparekraf yang di dukung Bank Dunia. Mengangkat pesan utama Sapta Pesona, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability), serta Pelayanan Prima.

Sosialisasi ini di harapkan dapat mendukung kesiapan para pelaku pariwisata dalam menjawab kebutuhan tren pariwisata yang tengah bergeser menuju pariwisata berkualitas atau quality tourism.

Kecanggihan Pesawat Super Hercules Pertama Milik Indonesia, Tak Ada Lawan di ASEAN

Menparekraf/Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, quality tourism adalah fokus akan terus digarap,

“Kita terus mengadopsi dan menggarap quality tourism. Jadi pembangunan sektor pariwisata tidak hanya fokus pada angka-angka kedatangan, tapi bagaimana kualitasnya. Kita ingin menghadirkan pariwisata yang mengimplementasikan cara-cara yang efektif, efisien, dan berorientasi hasil,” ujarnya di kutip Kamis (9/3/2023).

Terdapat desa wisata yang terpilih menjadi lokasi kegiatan, dua di antaranya merupakan penyangga wilayah di sekitar Taman Nasional Komodo, yakni Desa Komodo dan Pasir Putih.

Desa Wisata Komodo merupakan salah satu habitat asli Komodo, warga setempat kini tengah bergiat mengembangkan produk wisata terkait satwa langka tersebut sekaligus mengelola potensi keelokan alamnya.

Desa Wisata Pasir Putih

Adapun Desa Wisata Pasir Putih sedang masa penanaman koral, mengembangkan konsep desa pelangi di tengah laut, serta pemanfaatan kekayaan laut.

Sementara 3 desa wisata lainnya, memiliki letak geografis tak jauh dari Kota Labuan Bajo, yakni Desa Batu Cermin, Golo Bilas dan Gorontalo, diharapkan dapat memperkaya alternatif wisata di kawasan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas ini.

Desa Wisata Batu Cermin misalnya, telah di kenal wisatawan dengan adanya Gua Batu Cermin, tengah bertumbuh dengan adanya sanggar budaya yang mengangkat kesenian tradisional setempat.

Adapun Golo Bilas yang subur dan hijau, di karuniai potensi wisata alam, serta memiliki UMKM produk herbal petani, sedangkan Gorontalo dengan letaknya yang strategis dekat pusat kota, tengah berbenah memulai potensi yang dapat di kembangkan, untuk menarik kunjungan wisatawan.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “5 Desa Wisata Bakal Jadi Tumpuan Labuan Bajo Bangkitkan Pariwisata”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat- Perbaikan Infrastruktur Digital Mampu Tekan Biaya Ekonomi Tinggi

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi