4 Strategi Erick Thohir Bantu Kembangkan Pariwisata Pulau Samosir

4 Strategi Erick Thohir Bantu Kembangkan Pariwisata Pulau Samosir
0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari Kompas.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku akan mengoptimalkan potensi pariwisata lokal di Pulau Samosir, Sumatera Utara, lewat 4 strategi.

Erick mengatakan untuk mendorong pariwisata di Samosir strategi pertama adalah membangun Museum Bangsa Batak di Samosir.

Dia bilang, Pulau Samosir merupakan pusat kultural awal Suku Batak, sehingga cocok menjadi pusat pengembangan wisata yang nantinya diharapkan dapat mendorong perekonomian di Kawasan Danau Toba.

“Saya akan membangun Museum Batak di Samosir. Ini keberkahan kita pada saat menjunjung tinggi sebuah kebudayaan yang merupakan salah satu pondasi bangsa kita. Kebudayaan Batak itu yang sungguh kaya, penuh sejarah dan menjadi bagian dari kultur bangsa kita juga. Salah satunya adalah bahwa Bangso Batak ini adalah suku pekerja keras,” kata Erick dalam siaran pers, Kamis (15/12/2022).

Kedua, Erick bakal memetakan aset-aset BUMN yang sudah ada di Danau Toba. Salah satunya adalah Hotel Inna Parapat Danau Toba. Keberadaan hotel tersebut diupayakan menjadi satu kesatuan dengan pariwisata nasional.

Ketiga, memperkuat ASDP yang melayani Kapal Ferry untuk penyeberangan di Danau Toba. Dia bilang, BUMN akan menerima penyerahan aset kepelabuhanan dari Kementerian Perhubungan RI sehingga seluruhnya dapat disinergikan.

Kemenparekraf Dorong Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia

Keempat, mempersiapkan perhelatan olahraga unik yang dapat menarik wisatawan dalam jumlah besar. Salah satunya adalah menyelenggarakan kompetisi sejenis Formula One khusus untuk kapal di Danau Toba.

“Ini tidak tanggung-tanggung, kami mengikat kontraknya tidak setahun, tetapi lebih dari 3 tahun. Ini bagian dari konsistensi dalam membangun pariwisata,” kata mantan Presiden Inter Milan itu.

Kesimpulan 4 Strategi

Untuk mendorong pariwisata lokal di Pulau Samosir, Erick juga meminta seluruh penyelenggara usaha wisata untuk tidak menomorduakan wisatawan lokal.

Dia bilang, wisatawan asal Indonesia menjadi penopang utama pertumbuhan wisata domestik, karena 70 persen dari jumlah wisatawan merupakan turis dalam negeri.

”Sudah seharusnya, kita tidak menomorduakan turis kita sendiri atau turis lokal. Kita selalu terpaku, turis lokal kita selalu di layani menjadi turis kelas dua. Padahal data-data yang terlihat, pada Pariwisata Nasional, 70 persen itu merupakan turis lokal. Hanya 30 persen turis luar negeri” kata Erick.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

 

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi