10+ Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Website

0
0

Bagikan Postingan:

Siapa bilang website hanya untuk company profile? Sekarang anda bisa lho mendapatkan uang dari website dengan mudah. Disini anda akan mendapatkan informasi cara mendapatkan uang dari website dan menjadikannya alat penghasil uang.

Langsung saja, kita simak cara monetisasi website di bawah ini:

Ekspetasi Anda

Sebelum memulai membahas lengkap cara mendapatkan uang dari website, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Perlu diingat, tidak ada sesuatu yang instan. Begitu juga dengan menghasilkan uang dari website, anda membutuhkan waktu dan dedikasi yang tekun. Awalnya mungkin apa yang anda dapatkan tidak sesuai dengan ekspetasi atau harapan anda. Tetapi jangan biarkan hal tersebut menghalangi langkah anda.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, ada satu hal penting yang wajib dimiliki oleh pemilik website, yaitu trafik. Tanpanya, Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan dari website. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel kami tentang cara meningkatkan traffic website.

Kemudian, coba pikirkan tentang efek bola salju yang mungkin akan Anda dapatkan. Filosofinya, bola salju yang menggelinding pasti akan terus dan terus bertambah besar. Nah, dari sini, Anda tidak boleh berhenti “menggelindingkan” bola salju yang sudah Anda buat agar website Anda makin sukses.

Sudah siap? Oke, sekarang saatnya mencari tahu cara menghasilkan uang dari website.

1. Iklan Pay Per Click dengan Google AdSense

PPC adalah model iklan online dimana pemilik website dapat menghasilkan passive income setiap waktunya ketika pembaca menyentuh tombol klik pada spanduk iklan. Terkait hal ini Google AdSense menjadi media yang paling populer.

Google AdSense adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan ekstra karena Anda tidak memerlukan usaha lebih untuk menempatkan iklan pada blog atau website Anda. Hal menarik lainnya, Anda masih dapat mengajukan permohonan diri menjadi mitra AdSense bahkan jika Anda memiliki beberapa website.

Dengan adanya dukungan besar dari Google, pemilik website tidak perlu khawatir untuk mengelolanya. Forum dari pengguna dan juga tutorial tersedia untuk membantu pengguna memulai segala sesuatunya.

Jadi, seberapa besar keuntungan yang akan Anda dapatkan?

  • 68% pendapatan dari AdSense untuk konten
  • 51% dari AdSense untuk iklan penelusuran

Menariknya adalah Google akan selalu membayar Anda tepat waktu, biasanya diantara tanggal 21 sampai tanggal 26 setiap bulannya.

Cara menghasilkan uang dari website dengan Google AdSense:

  1. Baca bagian Syarat dan Ketentuan. Pastikan website Anda memenuhi seluruh kriteria.
  2. Lanjutkan untuk mendaftar AdSense, kemudian tunggu persetujuan.
  3. Ketika akun Anda sudah disetujui, sesuaikan kode JavaScript pada widget
  4. Tempatkan iklan di website sesuai keinginan Anda.

Bagaimana mengelola konten digital marketing

2. Menjual Ad Space

Menjual ruang kosong pada website Anda langsung kepada pengiklan juga patut untuk dicoba. Cara ini akan lebih memakan waktu, namun Anda bisa memaksimalkan pendapatan dengan cara menampilkan iklan.

Ruang dapat berupa link pada bagian bawah halaman, spanduk di samping halaman, atau pop-ons berukuran kecil. Harganya akan bervariasi – oleh karena itu Anda harus melakukan negosiasi harga dengan baik.

Maka untuk menggunakan cara ini, Anda perlu memiliki tidak hanya sekedar trafik namun juga tingkat konversi yang tinggi. Hal ini disebabkan, metode Ad Space menghasilkan pembayaran per klik atau pembayaran per pengunjung. Artinya, Anda akan mendapatkan uang dari pengiklan berdasarkan jumlah orang yang mengklik iklan atau mengunjungi website.

Lantas, bagaimana caranya untuk membuat pengiklan tahu bahwa Anda menjual ruang iklan?

  1. Buatlah seperangkat media mengenai ringkasan yang menampilkan data statistik dan sejumlah informasi tentang website Anda.
  2. Kirimkan kepada pengiklan yang berprospek. Beri tahu mengapa mereka perlu bekerja sama dengan Anda.
  3. Ketika Anda telah menjumpai sejumlah grup pengiklan, Anda dapat mengelolanya dengan Google Ad Manager.
  4. Pastikan mereka puas.

Anda bisa menggunakan media online seperti Clicky Web AnalyticsQuantcast, dan Google Analytics untuk mendapatkan informasi terkait website Anda. Jika Anda memiliki situs WordPress, silakan baca cara memasang Google Analytics di website Anda.

Menemukan pengiklan yang sesuai bisa jadi sedikit rumit. Tetapi, dengan bantuan Google Ads, LinkedIn, dan SellerCrowd Anda bisa saja mendapatkannya dengan mudah.

3. Afiliasi Marketing

Jika Anda memiliki kelebihan mengulas ataupun mempromosikan produk, Anda bisa mencoba afiliasi marketing guna menghasilkan uang melalui website.

Melalui link afiliasi, Anda bisa menghasilkan sejumlah komisi ketika pembaca membeli produk atau menggunakan layanan dari suatu perusahaan yang berafiliasi dengan Anda.

Marketing afiliasi merupakan salah satu cara termudah untuk mengumpulkan passive income. Anda tidak harus memiliki produk untuk menjualnya. Beberapa website seperti Wirecutter dan Smart Passive Income sudah mendulang keuntungan besar melalui afiliasi marketing.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari website melalui afiliasi marketing:

  1. Pertama, Anda harus membuat website agar bisa merekomendasikan dan mempromosikan suatu produk. Selain itu Anda juga bisa membuat ulasan terhadap suatu barang atau jasa terkait dengan konten yang Anda miliki.
  2. Bergabunglah dengan beberapa program afiliasi.
  3. Cantumkan link afiliasi pada konten Anda.

4. Donasi Berbasis Monetisasi

Cara ini melibatkan kemampuan yang Anda miliki serta konten kreatif pada postingan Anda. Saat ini beberapa dari pembaca rela untuk memberikan kompensasi dalam bentuk dana kepada influencer favorit mereka.

Jika konten Anda bernilai dan Anda memerlukan bantuan untuk mengembangkan website, Anda bisa meminta donasi dengan cara yang tepat. Tidak setiap dari pembaca akan memberikan donasi, namun jika Anda memiliki trafik yang cukup banyak, Anda mungkin saja berhasil mendapatkan sejumlah dana yang cukup untuk mengoperasikan website Anda.

Anda dapat memasang tombol donasi pada tampilan website sehingga memungkinkan pembaca untuk berkontribusi memberikan donasi secara langsung. Selanjutnya, Anda bisa menautkan beberapa metode pembayaran seperti PayPalStripe, ataupun Fundly.

Tambahkan tombol sebagai widget, kemudian Anda bisa menempatkannya sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan pembaca dapat menemukannya dengan mudah.

5. Menjual Produk ataupun Layanan Sendiri

Anda memiliki produk, juga memiliki keahlian, namun, Anda tidak memiliki lapak untuk menjual langsung ataupun mempromosikannya. Berikut solusinya—pasarkan via online. Bergabunglah dengan ribuan orang lainnya dengan memasarkan produk atau keahlian Anda melalui Nusantarawan Hebat. 

Prosedur membuat toko online lebih dari sekedar membuat website sederhana. Tetapi bukanlah tidak mungkin jika melalui toko eCommerce, Anda bisa membuatnya dalam sehari.

Nah, berikut adalah cara tentang menghasilkan uang melalui ecommerce:

  1. Ketahui niche Anda.
  2. Pilih nama domain dan web hosting. Untuk tipe hosting, kami sarankan layanan hosting cloud agar website Anda lebih stabil.
  3. Install WordPress.
  4. Install WooCommerce atau sejenis perangkat eCommerce.
  5. Rancang toko Anda dengan menentukan tema dan mengaplikasikannya. Anda bisa memulainya dengan: WooCommerce theme library dan WordPress WooCommerce theme library.
  6. Tambahkan produk favoritmu dengan cara mengarahkannya ke Products >> Add New pada sidebar.
  7. Anda bisa memulai strategi pemasaran dan mendapatkan penjualan pertama Anda!

Tentu saja dalam pengerjaannya akan membutuhkan waktu. Tetapi dengan dorongan dan dedikasi, pastinya tidak akan ada yang mustahil.

6. Konten Bersponsor

Konten bersponsor merupakan kolaborasi antara Anda sebagai pemilik website dengan brand yang bekerja sama dengan Anda. Dengan bisnis ini, Anda akan dibayar untuk membuat konten dan mempublikasikannya pada website Anda.

Konten dapat menyerupai produk atau informasi terkait penjualan, penawaran, infografis, ataupun ulasan. Konten dapat ditulis oleh Anda atau sponsor dari brand itu sendiri. Selain itu, Anda bisa menambahkan biaya cukup tinggi jika Anda menulis postingan sekaligus mempostingnya dalam website Anda.

Dalam menilai konten bersponsor, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Seberapa besar pengaruh Anda secara online.
  • Jumlah postingan bersponsor yang akan Anda tulis setiap bulannya.
  • Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuat konten.
  • Nilai terhadap brand (konten bersponsor vs. brand blog Anda)

Contohnya adalah BuzzFeed, untuk konten bersponsor Buzfeed bisa mencapai harga sekitar $100,000. Ini dikarenakan besarnya pengaruh dan juga nilai brand.

Berikut adalah beberapa cara menghasilkan uang dari website dengan postingan bersponsor:

  1. Mulailah dari hal kecil, Kristy Ellington, seorang content marketer dan strategist menyarankan untuk memulai dari brand lokal sederhana dan perusahaan.
  2. Kembangkan portfolio.
  3. Bekerja sama dengan pihak pemasaran dan agensi humas.
  4. Mencari pihak sponsorship seperti Tomoson, Cooperatize, dan PayPerPost.

Konten bersponsor adalah cara yang patut dicoba guna menambah pendapatan pada website Anda. Perlu diingat, Anda perlu untuk menciptakan transparansi kepada pembaca dan juga jeli terhadap proses.

7. Website Flipping

Cara ini akan menjadi sedikit berbeda dengan cara-cara lain karena Anda bisa menjual website Anda pada metode ini. Nantinya, keuntungan yang didapatkan akan bergantung pada tipe website yang sudah Anda kelola.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai besaran penjualan website, Anda bisa melakukan pencarian melalui daftar Empire Flippers.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga jual suatu website:

  • Besaran trafik dalam suatu website
  • Seberapa menguntungkan website tersebut
  • Kestabilan pendapatan website
  • Prospek keberlanjutan perkembangan website

8. Website Membership

Membership website merupakan semacam upgrade pada metode donasi. Dengan cara ini, Anda akan mengenakan tambahan biaya kepada pembaca dalam mengakses konten-konten tertentu.

Sebagai contoh, Nusantarawan Hebat adalah website Nusantara yang menyediakan berbagai informasi berbisnis dan peluang bisnis lainnya termasuk pelatihan kursus. Untuk mengakses konten dari website semacam ini, pembaca diharuskan untuk mendaftar atau berlangganan.

Jika Anda yakin bahwa konten Anda bernilai dan layak jual, Anda bisa mencoba menghasilkan uang dari website dengan cara ini.

Cara mendapatkan uang dari website melalui memberships:

  1. Temukan model yang sesuai pada website Anda.
    Langganan: pengguna membayar bulanan atau tahunan untuk mengakses konten dan segala informasi dari website.
    Transaksi: secara terpisah menjual konten individu seperti video tutorial, unduhan audio atau program pelatihan.
    Metered: konten akan dikenakan biaya gratis sampai pengguna mencapai masa tertentu. Setelah itu, pengguna akan membayar jika mereka ingin melanjutkan untuk mengakses.
  2. Atur paywall. Jika Anda memiliki situs seperti WordPress yang sudah terpasang dan dikelola, yang Anda perlu lengkapi hanyalah menambahkan anggota pada plugin website.

Beberapa rekomendasi plugins yang dapat Anda gunakan untuk konten berbayar:

  • Pembatasan Membership & Konten: membatasi semua konten Anda, mengelola rancangan berlangganan secara menarik beserta proses pembayaran keanggotaan.
  • Simple Membership: membuat membership berlevel dan membatasi konten sesuai tingkatan membership.
  • WP-Members: menyembunyikan beberapa bagian dari konten Anda dan menyediakan teaser. WP-Members juga menyediakan media untuk menyiapkan formulir pendaftaran dimanapun Anda inginkan.

9. Kupon dengan Link Berafiliasi

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon? 97% dari konsumen mencari potongan harga ketika berbelanja. Salah satu bentuk lain dari pemasaran berafiliasi adalah dengan menawarkan kupon dari mitra afiliasi.

Berbicara mengenai dikson online dan kupon, Ebates adalah juaranya. Situs ini mendulang keuntungan dengan menarik perhatian konsumen dan menghubungkannya langsung kepada mitra yang bekerja sama dengan Ebates.

Dengan menyertakan kupon ke dalam website, Anda memiliki kesempatan untuk menambah jumlah trafik.

Lalu apa saja pilihannya?

  • Posting kupon dari mitra afiliasi atau program yang bergabung dengan Anda pada website Anda.
  • Hubungi pedagang lokal dan nasional untuk membuat kesepakatan yang dapat Anda promosikan pada website.
  • Buatlah situs yang bertujuan untuk menawarkan kupon secara umum (coupons.com) ataupun khusus (Holidayers)

10. Kelola Kursus atau Pelatihan Online

Akhir-akhir ini, kelas tidak lagi begitu di butuhkan dalam pengajaran, karena kursus online menjadi salah satu alternatifnya. Jika Anda memiliki keterampilan untuk di bagikan, Anda bisa menghasilkan uang melalui website dengan cara menyediakan kursus online.

Kursus Online Digital Marketing

Kursus online bisa berbentuk format yang berbeda-beda diantaranya adalah unduhan file PDF, rekaman audio, atau berupa video. Contohnya, Nusantarawan Hebat yang menyediakan video step by step sekaligus artikel mengenai cara melakukan sesuatu.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang melalui website dengan kursus online?

  1. Tentukan topik/niche.
  2. Buat website baru atau Anda bisa bergabung ke platform yang ada (blog, situs eCommerce, situs membership, etc.).
  3. Unggah konten dan publikasikan!

Mengelola kursus online bisa menjadi pilihan menjanjikan karena tidak ada batasan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kesimpulan

Menghasilkan uang dengan cara mengelola website bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk di coba. Namun, perlu di perhatikan bahwa mendapatkan uang dari website akan membutuhkan waktu, dedikasi dan yang paling penting adalah – trafik.

Kita sudah membicarakan 10 macam cara tentang bagaimana menghasilkan uang dari website. Berikut ulasannya:

  • Google AdSense ‒ mengelola iklan dengan bantuan Google.
  • Menjual Ad Space ‒ menghubungkan langsung kepada pengiklan, mengelola iklan Anda dengan memaksimalkan pendapatan.
  • Afiliasi Marketing  ‒ bergabung dengan program afiliasi dan afiliasi pemasaran guna menambahkan komisi.
  • Donasi berbasis Monetisasi  ‒ meminta sejumlah donasi kepada pembaca.
  • Menjual Produk Anda Sendiri  ‒ menambahkan biaya terkait barang dan layanan jasa yang tersedia
  • Konten Bersponsor  ‒ berkolaborasi dengan sejumlah mitra untuk mendapatkan keuntungan.
  • Mengalihkan Website Anda  ‒ menjual website.
  • Membership Website ‒ pengenaan biaya kepada pembaca dalam mengakses konten.
  • Kupon dengan Link Berafiliasi ‒ penawaran kupon dan diskon dari sejumlah mitra.
  • Mengelola Kursus atau Pelatihan Online ‒ membagikan kemampuan dan pengetahuan yang di miliki sekaligus menghasilkan uang di waktu yang sama.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional.

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

 

Video Terbaru

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi